GUEST LECTURE FROM NUEST UNIVERSITY 

Madiun, 16 Oktober 2023 - Mahasiswa dan staf akademik Prodi Farmasi Universitas PGRI Madiun diberi kesempatan langka untuk mendengar pandangan terbaru dalam ilmu farmasi oleh Prof. Alice T. Rivera, seorang ahli di bidang Phytocemistry dan Complementary Medicines. Acara tersebut diadakan dalam ruang pertemuan lab terpadu.

Dalam pengantar presentasinya, Prof. Alice T. Rivera menjelaskan bahwa penelitian di bidang Phytocemistry telah berkembang pesat, membuka peluang baru dalam pengembangan obat-obatan dan terapi yang lebih aman dan efektif. Prof. Alice T. Rivera juga menjelaskan konsep-konsep penting dalam Phytocemistry dan memberikan contoh-contoh penelitian terbaru yang telah dia dan timnya lakukan seperti daun lagundi untuk mengobati penyakit batuk. Dia juga membahas beberapa contoh konkrit penggunaan tumbuhan obat dalam pengobatan komplementer, termasuk dalam manajemen nyeri, perawatan kulit, dan kesehatan mental.

Selama sesi tanya jawab, mahasiswa memiliki kesempatan untuk bertanya kepada Prof. Alice T. Rivera mengenai topik yang dibahas, sehingga menciptakan dialog interaktif yang sangat bermanfaat. Mahasiswa menunjukkan minat besar dalam topik tersebut dan banyak yang mengungkapkan keinginan untuk melanjutkan penelitian mereka dalam bidang ini.

Kepala Prodi Farmasi di Universitas PGRI Madiun, Apt. Weka Sidha Bhagawan, M. Farm, mengatakan, "Kami sangat beruntung bisa mendengarkan Prof. Alice T. Rivera berbicara tentang Phytocemistry dan Complementary Medicines. Ilmu yang dia bagikan adalah sangat relevan dan dapat memotivasi mahasiswa kami untuk mengejar karir dalam farmasi dan kesehatan yang berfokus pada sumber daya alam. Acara seperti ini membantu mengintegrasikan pengetahuan teoritis dengan aplikasi praktis dalam dunia nyata."

Guest lecture ini adalah salah satu dari serangkaian acara yang diadakan oleh Prodi Farmasi Universitas PGRI Madiun untuk membawa pandangan dari para ahli ke dalam kampus. Ini adalah upaya universitas untuk memberikan peluang pembelajaran yang mendalam dan menginspirasi bagi mahasiswa serta staf akademiknya.

Acara ini sukses besar dan memperkuat reputasi Prodi Farmasi Universitas PGRI Madiun sebagai pusat pembelajaran yang berfokus pada perkembangan ilmu pengetahuan dan inovasi dalam berbagai bidang.